SELAMAT DATANG DI WEBSITE NAGARI PASAR MUARA LABUH Apabila Merasakan Gejala Batuk, Demam, Sesak dan Gangguan Pernafasan, Dapat Melakukan Konsultasi Ke Puskesmas Muara Labuh HP 08126767045 Kosultasi Covid - 19 : Weny Fajriani, S.Farm ( 085274350050 ) Mega Verta Christina, SKM ( 082385989262 )

Artikel

Musrenbang Nagari Tahun Anggaran 2021 Menjadi Momentum Perencanaan Pembangunan Nagari Tepat Sasaran

26 Agustus 2020 20:11:26  Administrator  109 Kali Dibaca  Berita Desa

Info Nagari Pasar Muara Labuh---, Pemerintah Nagari Pasar Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan menggelar kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan Nagari (Musrenbang) Tahun Anggaran (TA) 2021, bertempat di Kantor Wali Nagari, Rabu (26/08/2020).

Musrenbang ini dihadiri oleh P3MD Kabupaten Solok Selatan, Camat Sungai Pagu, Danramil 03 Sungai Pagu, Penjabat (Pj) Wali Nagari dan Perangkat Nagari, Ketua Bamus dan Anggota, Kepala Sekolah yang ada di wilayah Nagari Pasar Muara Labuh, Pimpinan Puskesmas Muara Labuh, Wali Jorong, Kader PKK, Kader Posyandu dan KPM, Pendamping desa, Babinsa, Bhabinkamtibmas, Tokoh Agama, dan Tokoh Masyarakat lainnya.

Pj. Wali Nagari Pasar Muara Labuh mengawali sambutannya mengatakan, Musrenbang ini merupakan forum musyawarah perencanaan tahunan di tingkat nagari untuk membahas dan menyepakati usulan program-program kegiatan prioritas pembangunan tahun 2021.

Dikatakannya, Musrenbang ini adalah kelanjutan dari kegiatan Musyawarah tingkat Jorong dan pra Musrenbang Nagari. Melalui kegiatan Musrenbang Nagari ini mendorong partisipasi masyarakat nagari dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat nagari.

” Agar sama kita ketahui bahwasannya ini pembangunan skala besar, artinya apa yang tidak sanggup dibangun di nagari maka ditampung melalui Musrenbang Nagari yang sumber dananya dari APBD Kabupaten, karena nagari mempunyai kewenangan dalam menganggarkan suatu kegiatan, jadi kita harus paham dan memperhatikan mana yang menjadi kewenangan nagari, mana kewenagan kabupaten dan mana yang menjadikewenagan pusat supaya tidak terjadi tumpang tindih nantinya ” kata Efrizal, A.Md.

Salah satu kegiatan yang menjadi skala prioritas di tahun anggaran 2021 adalah bagaimana pengelolaan sampah di Nagari Pasar Muara Labuh bisa terkelola dengan baik dan bernilai guna,  karena Nagari Pasar Muara Labuh menjadi salah satu nagari yang memproduksi sampah terbanyak di Kecamatan Sungai Pagu dan hal tersebut mendapat dukungan dan apresiasi dari para undangan yang hadir, semoga apa yang diinginkan oleh Pemerintahan Nagari Pasar Muara Labuh terealisasi ditahun anggaran 2021 nanti.  

Hal senada disampaikan Camat Sungai Pagu Rolly Almar, S.STP, MSi. Beliau menambahkan, bahwa Musrenbang Nagari tahun ini tidak berbeda dengan Musrenbang sebelumnya. “ Usulan-usulan ini nantinya akan kita bawa ke Musrenbang Kecamatan dan diputuskan hasilnya pada Musrenbang tingkat kabupaten “ ungkap beliau seraya berharap Musrenbang Nagari nantinya dapat menetapkan hasil dan keputusan yang baik, dan bermanfaat bagi masyarakat Nagari Pasar Muara Labuh.

Dan tak lupa pula beliau memberikan apresiasi buat Pemerintahan Nagari Pasar Muara Labuh, karena menjadi nagari pertama di Kecamatan Sungai Pagu melaksanakan kegiatan ini.

Kemudian tak bosan-bosannya disampaikan didalam forum ini hendaknya kita selalu mengikuti protokol kesehatan guna pencegahan penyebaran covid 19 salah satunya dengan memakai masker terangnya.

Musrenbang Nagari adalah forum musyawarah perencanaan tahunan di tingkat nagari untuk membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembangunan hasil musyawarah jorong, hasil dari musrenbang nagari di usulkan di tingkat kecamatan.

Melalui kegiatan Musrenbang Nagari ini mendorong partisipasi masyarakat nagari dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat nagari.

“Kegiatan ini di mulai dengan tahapan penggalian gagasan di tiap tiap Jorong yang ada di nagari Pasar Muara Labuh dan hasil penggalian gagasan di tingkat Jorong  juga turut di ikut sertakan sebagai bahan musrenbang di tingkat nagari,” lanjut Gusti Zulfadli.

 “Semoga apa yang diajukan bisa terealisasi dengan baik ditahun depan,” ucapnya.

Beberapa usulan tokoh masyarakat dan para undangan yang hadir ikut mewarnai kegiatan ini dengan suasana hangat dan bersahabat di tanggapi oleh pihak nagari maupun pihak kecamatan, sehingga nampak komunikasi dua arah yang berjalan baik sehingga terciptanya usulan yang di rencanakan menjadi skala perioritas untuk usulan musrenbang nagari tahun 2021.

 

 

 

 

 

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator Nagari untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Wilayah Nagari

Info Media Sosial

Aparatur Nagari

Back Next

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Melati
Nagari : Pasar Muara Labuh
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email : walinagaripasarmuaralabuh@gmail.com

Sinergi Program

Kabupaten Solok Selatan Kementerian Desa PDTT Kementerian Dalam Negeri
Akademi Desa 4.0 Program Inovasi Desa Pusat Data Desa Indonesia

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:67
    Kemarin:230
    Total Pengunjung:51.090
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.85.115
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

14 Februari 2020 | 4.775 Kali
Peraturan-Peraturan Bupati Kabupaten Solok Selatan Untuk Tahun Anggaran 2020
27 Januari 2020 | 4.652 Kali
Profil Perangkat Nagari
21 Januari 2020 | 4.649 Kali
Profil Nagari
27 Januari 2020 | 4.642 Kali
Profil PPID
01 Agustus 2019 | 4.641 Kali
Wilayah Nagari
23 Januari 2020 | 4.641 Kali
Tugas dan Fungsi
24 Januari 2020 | 4.641 Kali
Regulasi Nagari