SELAMAT DATANG DI WEBSITE NAGARI PASAR MUARA LABUH Apabila Merasakan Gejala Batuk, Demam, Sesak dan Gangguan Pernafasan, Dapat Melakukan Konsultasi Ke Puskesmas Muara Labuh HP 08126767045 Kosultasi Covid - 19 : Weny Fajriani, S.Farm ( 085274350050 ) Mega Verta Christina, SKM ( 082385989262 )

Artikel

BLT Kabupaten Cair Dipantau Langsung Tim Inspektorat

08 Juni 2020 13:21:58  Administrator  150 Kali Dibaca  Berita Desa

Info Nagari Pasar Muara Labuh--- BLT Kabupaten telah disalurkan untuk masyarakat Nagari Pasar Muara Labuh, (08/06/2020). Penyerahan BLT Kabupaten ini secara simbolis diserahkan oleh Kadis Sosial PMD/N, Camat Sungai Pagu, Pj. Wali Nagari Pasar Muara Labuh dan pejabat terkait lainnya. Penyaluran BLT Kabupaten ini terlaksana atas kerjasama Pemkab dan Pihak Bank Nagari Cabang Muara Labuh.

Proses Penyaluran BLT Kabupaten ini dipantau langsung oleh Tim Inspektorat Kabupaten Solok Selatan yang dipimpin oleh Sekretaris Inspektorat, Yance Bastian, ST. secara simbolis Penyerahan BLT Kabupaten dilakukan oleh Kadis Sosial PMD/N. Kab. Solsel, Zulkarnaini, S.Pd MM, didampingi Sekdis Sosial, Ernita Jumarni SE, Camat Sungai Pagu Rolly Almar S.STP, M.Si, Kepala Bank Nagari Cab. Muara Labuh, Zulfahmi, SE serta Pj. Wali Nagari Pasar Muara Labuh, Efrizal, A.Md

Sebanyak 17.141 Kepala Keluarga (KK) di Kabupaten Solok Selatan tercatat sebagai Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang tersebar di 7 Kecamatan dan 39 Nagari. Penyaluran BLT Kabupaten ini dimulai sejak hari selasa (02/06/2020) terus digulirkan hingga hari ini, Penyaluran BLT Kabupaten ini diberikan langsung untuk 3 bulan sekaligus, Setiap KK mendapatkan 600 ribu/ bulan.

Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kabupaten yang ada di Nagari Pasar Muara Labuh sebanyak 216 KK tersebar di 4 Jorong. Data ini merupakan hasil dari Tim Pendata (Perangkat Nagari, Bamus, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Bidan Desa, Kader KPM, Ketua Karang Taruna Nagari, KSB Nagari) bermitra kerja dengan Babinkhamtibmas, Babinsa Pendamping Desa serta dibantu TKSK dan PSM Nagari, terang Efrizal, A.Md selaku Pj. Wali Nagari Pasar Muara Labuh.

Efrizal, A.Md menegaskan, sebelum penyaluran ini dapat dilakukan, banyak prosedur yang mesti dijalankan oleh Tim Pendata tadi diantaranya Proses Pendataan dan Validasi Data yang membutuhkan ketelitian agar data tersebut tidak ganda (non penerima PKH, BPNT, BST Kemensos, BLT Prov, BLT Dana Desa dan tidak terdata di daerah lain) atau tidak memenuhi syarat seperti halnya ASN, Pensiunan, TNI/ POLRI, Pegawai BUMD/BUMN dst. “Apresiasi khusus mesti kita berikan untuk kerja keras mereka” ujarnya.

Kemudian beliau berpesan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Langsung Tunai (BLT) Kabupaten Nagari Pasar Muara Labuh, agar memanfaatkan betul BLT yang diterima untuk keperluan diri di masa pandemi covid 19 ini.

Sementara itu Kepala Dinas Sosial PMD/N Kabupaten Solok Selatan, Zulkarnaini mengatakan BLT yang disalurkan Kabupaten diharapkan mampu memutar roda perekonomian masyarakat dimasa pandemi covid 19 ini. Karena jumlah dana BLT Kabupaten kurang lebih Rp. 60 Miliar yang digelontorkan kepada masyarakat. Hal ini akan tercapai apabila masyarakat secara bijak mempergunakan dan tersebut, yaitu untuk memenuhi kebutuhan poko dan mendesak.

 “Kita berharap perputaran uang yang cukup fantastis itu terjadi di Solok Selatan, sehingga ada nilai tambahnya buat perekonomian masyarakat Solok Selatan nantinya,”ujar beliau.

Kemudian Camat Sungai Pagu, Rolly Almar S.STP, M.Si mengatakan Secara umum penyaluran BLT di Nagari Pasar Muara Labuh tersebut berjalan dengan lancar dan aman dengan dukungan Perangkat Nagari, Pendamping Desa, TKSK, PSM Nagari Babisa, dan Bhabinkantibmas . Selain itu seluruh yang hadir telah menerapkan protokol Covid-19, yaitu cuci tangan sebelum masuk area penyaluran dana, serta jaga jarak dan memakai masker.

"Meski demikian kita harus tetap komit untuk penyaluran BLT ini harus tepat sasaran, dan memperhatikan data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) jangan ada yang ganda atau yang menerima itu termasuk tidak memenuhi syarat (TMS) yaitu ASN, TNI dan Polri, Pegawai BUMN/BUMD, Pegawai Kontrak Pemerintah dan Pegawai Kontrak Swasta. " harap Yance Bastian, ST.

Semoga BLT yang telah disalurkan oleh Pemerintah untuk masyarakat dapat bermanfaat dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya. Lalu kita bersama-sama dapat memutus mata rantai penyebaran covid 19 ini di Kabupaten Solok Selatan dengan selalu menjalankan SOP yang disuruh oleh pemerintah, sehingga wabah ini bisa segera berakhir dan kehidupan kita kembali normal seperti biasa,”kalau bukan kita bersama siapa lagi???

#ayolawancovid19

#bersamakitaputusmatarantaipenyebarancovid19

#stayathome

#dirumahsajo

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


JADWAL SHOLAT & IMSAK

  • Imsak: Imsak:
    Subuh: Subuh:
    Terbit: Terbit:
    Dhuha: Dhuha:
    Dzuhur: Dzuhur:
    Ashar: Ashar:
    Maghrib: Maghrib:
    Isya: Isya:

Layanan Mandiri

    Silakan datang atau hubungi operator Nagari untuk mendapatkan kode PIN Anda.

Wilayah Nagari

Info Media Sosial

Aparatur Nagari

Back Next

Lokasi Kantor Nagari


Alamat : Jl. Melati
Nagari : Pasar Muara Labuh
Kecamatan : Sungai Pagu
Kabupaten : Solok Selatan
Kodepos : 27776
Telepon :
Email : walinagaripasarmuaralabuh@gmail.com

Sinergi Program

Kabupaten Solok Selatan Kementerian Desa PDTT Kementerian Dalam Negeri
Akademi Desa 4.0 Program Inovasi Desa Pusat Data Desa Indonesia

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terkini

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:80
    Kemarin:230
    Total Pengunjung:51.103
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.235.85.115
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel